Indonesia Bicara

Indonesia Bicara

Minggu, 29 Januari 2012

Catur Warsa Indonesia Bicara






Menyongsong 4 tahun eksistensi Indonesia Bicara 
~Catur Warsa Indonesia Bicara~
bersama madaisking.blogspot.com, mulai bulan Februari kami akan menjadwalkan Posting tiap pekan.

Rencananya setiap hari Selasa dan/atau Kamis akan ada postingan mengenai isu-isu budaya, sosial, nasional ataupun artikel-artikel terbaru. Pada weekend kami akan menjadwalkan postingan berupa sajian kuliner khas nusantara.

Selamat Menikmati "Indonesia Bicara" :)




Euforia "Visit Indonesia Year"

Setelah sukses mengusung Brand "VISIT INDONESIA YEAR 2008" , di pertengahan 2011 Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata (sekarang Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) mulai mendongkrak kunjungan wisata domestik dan mancanegara dengan mengeluarkan tema baru yakni "WONDERFUL INDONESIA"


Inilah dia transformasi Brand Pariwisata Indonesia 2012, sekaligus sebagai jawaban Visi Indonesia Masa Depan, Visi Antara, dan Visi Indonesia 2025








Semenjak dilanuching VIY 2008, berbagai daerah di Indoneisa juga mulai menggalakkan visit daerahnya masing. Dimulai dari Jogja yang mempromosikan dirinya dengan brand "Jogja, Never Ending Asia" pada awal 2008, lalu berlanjut di Kota Samarinda "Visit Samarinda 2009". Di tahun 2010, deretan kota yang juga mengusung tahun kunjungan wisata adalah Solo "Solo, The Spirit of Java", Surabaya "Sparkling Surabaya", Bandung "Bandung, Everlasting Beauty" dan Batu "Kota Wisata Batu". Beralih ke tahun berikutnya diawalai oleh JawaTimur "Visit East Java 2011", Makassar "Makassar, Great Expectation", dan Padang "Padang, Your Motherland".

Di tahun 2012 ini, Pemerintah ingin menampakkan wajah Indonesia sebagai satu kesatuan budaya yang tak terpisahkan. Sehingga ketika wisatawan manca datang ke Indonesia, hanya satu kata yang terucap oleh mereka yakni "HEBAT !", ya benar "WONDERFUL INDONESIA"






























Di tahun 2013 nanti, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah juga akan memiliki gebrakan baru dengan melauching "Visit Jawa Tengah 2013". Mari kita tunggu promosi Wisata Nusantara selanjutnya !







Global Earth Hour 2012 | 60+




Tahun ini? EARTH HOUR diadakan pada tanggal 31 Maret 2012.

EARTH HOUR berawal dari kampanye kolaborasi antara WWF-Australia, Fairfax Media, dan Leo Burnett untuk kota Sydney, Australia, dengan tujuan mengurangi gas rumah kaca di kota tersebut sebanyak 5% pada tahun 2007. Keberhasilan kampanye ini diharapkan dapat diadopsi oleh masyarakat, komunitas, bisnis, serta pemerintah lain di seluruh dunia sehingga seluruh warga dunia dapat menunjukkan bahwa sebuah aksi individu yang sederhana sekalipun bila dilakukan secara massal akan membuat kehidupan kita di Bumi menjadi lebih baik.  

"INI AKSIKU, MANA AKSIMU?"

Tahun 2012 adalah tonggak pelaksanaan EARTH HOUR di Indonesia yang keempat. Berdasarkan kondisi konsumsi listrik di Indonesia yang masih memperlihatkan pola penggunaan yang boros, maka WWF-Indonesia berkomitmen untuk tetap mengusung kampanye ini hingga 2014 untuk membangun kesadartahuan sehingga publik Indonesia, terutama di kota-kota besar di Jawa - Bali, teredukasi dan terus diingatkan berpartisipasi lalu menindaklanjuti EARTH HOUR dengan perubahan gaya hidup lebih ramah lingkungan dalam jangka panjang.



Strategi EARTH HOUR Indonesia 2012 - 2014: "Setelah 1 Jam, Jadikan Gaya Hidup!" Agar mendapat pemahaman, partisipasi, dan mencapai perubahan gaya hidup yang diharapkan, WWF-Indonesia membuat strategi sebagai berikut :




Kegiatan ini akan difungsikan bersama pemerintah dan komunitas masyarakat di Jakarta dan 4 kota besar lainnya di wilayah Jawa-Bali (Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Malang) serta seluruh wilayah Bali. Sasaran aksi kali ini meliputi monumen - monument terkena di Jakarta dan gedung pemerintahan di Jakarta dan sekitarnya. Matikan lampu dan peralatan elektronik yang tidak sedang dipakai pada Sabtu, 31 Maret 2012, pukul 20.30 - 21.30 (waktu setempat).

Amuspa Buketan, Saingi Etnika Nusa Tenggara


Setelah Pengusaha kondang Martha Tilaar mengeluarkan brand baru produk Sari Ayu yang bertajuk Etnika Nusa Tenggara di penghujung 2011 kemarin. Di awal tahun 2012 ini, Mustika Ratu kembali memperkenalkan tren warna terbarunya. Masih dengan kekayaan alam Indonesia, kali ini brand kosmetik lokal itu menghadirkan 'Amuspa Buketan'.


Etnika Nusa Tenggara merupakan brand khusus Sari Ayu yang mengangkat kebudayaan tata rias asli Timor dan Kupang sebagai trend warna 2012. Ide diilhami agar seluruh elemen masyarakat Indonesia dapat mengetahui dan memandang lebih dekat Indonesia seutuhnya. Dengan mengangkat khasanah kebudayaan NTT ini, diharapkan pemerintah dan masyarakat semakin peka agar tidak meninggalkan saudara-saudara kita di timur sana. 


Berbeda dengan BRA. Moeryati Soedibyo, owner Mustika Ratu, beliau mengadakan media gathering serta launching tren warna 2012 dengan mengusung tema Kembali Ke Jati Diri Bangsa. Acara yang digelar di restoran Palalada, Grand Indonesia, Jakarta itu dihadiri oleh brand ambassador 'Amuspa Buketan', Ayu Pratiwi --Puteri Indonesia Pariwisata 2009.

Amuspa Buketan merupakah bahasa Jawa yang memiliki arti tersendiri dalam tiap katanya. Amuspa berarti bunga yang dipuja dan Buket adalah rangkaian bunga. Jadi secara keseluruhan, tren warna mustika ratu 2012 tersebut mempunyai arti rangkaian bunga nan dipuja.

Tren warna ini terinspirasi dari warna-warna cantik yang lembut dan anggun ala wanita Indonesia, yang dianggap sebagai rangkaian bunga dalam batik Buketan. Dua bunga yang menjadi 'highlight' dalam tren Amuspa Buketan adalah anggrek dan mawar.


Jelas sudah, bahwa harapan untuk kembali ke jati diri Budaya Bangsa telah tergambar jelas melalui promosi fashion dan mode yang telah dibuktikan oleh Mpu-Mpu Rias Indonesia, Dr. Martha Tilaar dan BRA. Moeryati Soedibyo.


Pidato Bahasa Jawa 2

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Bapak, Ibu Dewan Juri saha sedherek-sedherek ingkang kula kurmati.
Saderengipun mangga kita sareng ngaturaken puja-puji pudyastuti dhumateng ngarsanipun Gusti Ingkang Maha kuwaos inggih punika Gusti Allah swt. Amargi kanthi linuberan rahmat saha hidayanipun kita sedaya saged pinanggihan wonten wekdal ingkang saeu menika kagem mengeti dinten Kamardikan Republik Indonesia ingkang kaping 63.
Para Rawuh ingkang minulyo,
Kita sedaya sampun mangertosi menawi Nagari Indonesia punika sampun saged sejajar utawi sami kaliyan Nagari maju sanesipun. Kathah sampun penghargaan utawi predikat ingkang dipun sandhang kaliyan Indonesia wonten tingkat Internasional. Ananging punapa saged Indonesia moncer kados sakmenika menawi mboten wonten pahlawan bangsa wonten warsa 1945? Menawi kados menika kita kedah instropeksi diri saha kedah nggadhah pambegan menapa ingkang sampun kita aturaken dhumateng bangsa kita.
Bapak, ibu Dewan juri saha sedherek-sedherek ingkang kula kurmati,
Wonten wekdal menika, wulan Agustus 2008, Indonesia sampun ganep yuswanipun ingkang kaping 63. Yuswa kados menika mboten sami kaliyan kahananipun Bangsa Indonesia luwih-luwih perjuwanganing pahlawan nagari. Taksih kathah warga masyarakat ingkang dereng ngraosaken gesang ingkang mulya wonten warsa menika. Ugi taksih kathah luwih saking setunggal ewu siswa/i Indonesia ingkang mboten nglajengaken sekolah amargi kiranging biaya saha inggilipun kebutuhan pokok luwih-luwih wonten kitha ageng kados to Kitha Malang menika. Punapa menika kamardikan hakiki ingkang sampun dipun sandhang Nagari Indonesia kurang luwih 63 warsa kepengker? Kahanan menika miturut pangemut kula amargi kiranging partisipasinipun warga masyarakat Indonesia. Pamerintah RI saged sae kinerjanipun saha lancar programipun menawi sedaya warga masyarakat nggadhah partisipasi ingkang ikhlas kagem nglaksanakaken program pembangunan menika saha maringi tanggung jawab marang pamerintah.
Para Rawuh ingkang kula kurmati,
Kangge ngisi kamardikan punika, kita minangka siswa/i Indonesia mangga sesarengan nggadhah rasa sosial dhumateng pepadha. Rasa sosial menika saged kita wujudaken kados:
  1. paring kinurmatan marang guru-guru , tiyang sepah, luwih-luwih pahlawan bangsa kita,
  2. sami nglestarekaken budaya utawi nilai-nilai tradisi bangsa ingkang kinakar saking budaya daerah, nggih kados basa Jawi menika,
  3. njagi kautuhaning persatuan saha kesatuan bangsa, lan sapanunggalanipun.
Menawi tiga menika minimal sampun ditindakaken kaliyan pemuda/pemudi Bangsa Indonesia, Insyaallah kamardikan bangsa ingkang mituhu saged dipun raosaken dening sedaya warga masyarakat Indonesia. Amargi sakmenika budaya globalisasi sampun kathah anjalarwonten jiwaning pemuda/pemudi Indonesia, mula budaya global ingkang negatif punika cepet sanget ngrisak moraling anak negeri. Ingkang penting sanget inggih punika kita kedah njagi persatuan kaliyan generasi muda sami wonten saindenging nuswantara saha mboten ambeda-bedakaken sedherek-sedherek kita supados Nagari Indonesia saged gemah ripah loh jinawi saha dados andakara wonten donya punika.
Sedherek-sedherek ingkang minulya,
Kula kinten sampun cekap ingkang saged kula aturaken. Kula ugi nyuwun gunging samudra pangaksami menawi wonten pitutur kula ingkang mboten sekeca wonten penggalihipun para rawuh sedaya. Kados parikan:
Ana temanten mangan srikaya,
Mangan kupat uga terasi,
Cekap semanten atur kawula,
Menawi sampun sanjang polisi.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.