Indonesia Bicara

Indonesia Bicara

Minggu, 14 Maret 2010

Contoh Pidato Bhs. Indonesia


Assalamu’alaikum wr.wb.
Yang saya hormati Bapak dan Ibu guru dewan juri
serta hadirin yang berbahagia

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat, taufiq, dan hidayah-Nya kepada kita semua sehingga kita dapat bertatap muka pada lomba pidato saat ini.
Hadirin yang saya hormati,
Pada kesempatan kali ini saya akan memaparkan tentang Malang sebagai kota Tri Bina Citra.
Tri Bina Citra adalah perwujudan Malang sebagai kota pendidikan, pariwisata, dan industri. Cita-cita ini telah dibuktikan dengan berbagai ragam prestasi dan karya yang luar biasa baik di tingkat lokal maupun nasional. Malang sebagai kota pendidikan dibuktikan dengan banyaknya lembaga-lembaga pendidikan baik formal maupun non formal. Selain itu ikon Malang sebagai kota pendidikan juga terwujud dalam keberhasilan dunia pendidikan mengubah pola hidup pelajar dan juga masyarakat menjadi pola hidup sehat. Keberhasilan tersebut terbukti dari kemampuan untuk meraih puncak prestasi lomba UKS tingkat Nasional. Sekolah yang mampu meraih juara dalam lomba UKS tingkat nasional antara lain, TK Anak Sholeh, SDN Tunjung Sekar 1, SMPN 5 Malang, dan MAN Malang 3, dan Insya Allah disusul oleh MTsN Malang 1. Hal ini tentu sangat membanggakan, sebab jika seluruh masyarakat terutama pelajar menerapkan pola hidup sehat, maka dapat dipastikan kita akan menjadi generasi yang sehat, cerdas, dan berprestasi. Bukankah 8 GOL UKS mengusung harapan bahwa kita harus terbebas dari kenakalan remaja, merokok, narkoba, HIV/AIDS, kehamilan pra nikah, kecacingan, Anemia, dan Hepatitis B.
Selain itu bukti prestasi lainnya dalam bidang pendidikan adalah keberhasilan beberapa siswa Kota Malang dalam lomba olimpiade Matematika, IPA, serta lomba di berbagai bidang yang mampu bertanding ditingkat local, nasional dan internasional. Hal ini adalah bukti nyata bahwa pendidikan di Kota Malang layak diperhitungkan keberadaannya di kancah nasional bahkan internasional. Melalui rentetan prestasi tersebut akankah kita masih menyangsikan ikon Malang sebagai kota Pendidikan?

Hadirin yang saya hormati,
Malang sebagai kota pariwisata tentu bukanlah sesuatu yang mengejutkan, sebab sejak dulu pesona Malang telah mampu menyedot perhatian para wisatawan baik domestic maupun mancanegara. Keelokan Malang semakin menjadi-jadi sejak gerakan penghijauan atau terkenal dengan Malang Ijo Royo-royo yang digalakkan oleh pemerintah. Selain itu Pemerintah Kota Malang juga berupaya mewujudkan Malang sebagai kota bunga. Maka tak salah kiranya jika Kota Malang dapat disebut sebagai Paris Van de Java.
Gerakan kebersihan baik di lingkungan rumah masing-masing, lingkungan sekolah, tempat-tempat publik adalah salah satu cara untuk mendongkrak dunia pariwisata. Adipura yang telah kita peroleh adalah bukti yang sangat nyata bahwa Pemerintah bersama-sama dengan masyarakat telah berusaha keras untuk menjaga keindahan kota Malang, sehingga dunia pariwisata Kota Malang layak untuk dinikmati, dan setiap wisatawan yang datang akan selalu memperoleh kesan yang indah dan tak terlupakan.
Bapak dan Ibu dewan juri serta hadirin yang berbahagia
Tri Bina Citra yang terakhir adalah Malang sebagai kota industri. Ikon ini adalah sebuah harapan dari pemerintah untuk dapat mengentaskan kemiskinan dan menaikkan kesejahteraan masyarakat khususnya masyarakat yang ada di Kota Malang. Mengapa Malang sebagai Kota industri dapat menaikkan kesejahteraan masyarakat?
Jika dunia industri Kota Malang berkembang secara dinamis dan secara kuantitas juga banyak, maka secara otomatis akan banyak menyerap tenaga kerja. Hal tersebut tentu akan mengurangi jumlah pengangguran, dan kalau jumlah pengangguran dapat ditekan, maka tingkat kesejahteraan masyarakat akan relatif lebih baik. Bukankah kondisi seperti inilah yang selalu kita harapkan?
Semua orang sangat menginginkan hidup sejahtera. Semua orang menginginkan hidup tenang dan damai, dan kita semua juga yakin bahwa kesejahteraan dan ketenangan dapat menciptakan kondisi yang baik kepada masyarakat baik secara mental, moral, maupun spiritual. Semakin baik tingkat ekonomi masyarakat maka tingkat kriminalitas pun akan semakin berkurang.
Bapak dan Ibu serta hadirin yang saya hormati,
Mungkin pertanyaan yang muncul di benak kita, mengapa Malang memperkenalkan dirinya sebagai kota Tri Bina Citra?
Tri Bina Citra lahir karena pemerintah kota Malang, telah mengetahui potensi-potensi yang telah dimiliki Kota Malang baik dari segi sumber daya manusia maupun sumber daya alamnya. Selain itu sarana dan prasarana yang mendukung perwujudan Tri Bina Citra juga telah ada. Pemerintah dan masyarakat tinggal mengolah dan mengembangkan semua potensi tersebut.
Eksistensi Kota Malang sebagai kota Pendidikan telah terwujud dari aspek kuantitas lembaga, tenaga pendidik, dan peserta didik. Secara kualitas, prestasi atau karya pendidikan telah mampu bersaing di kancah lokal, nasional, dan internasional. Ikon Malang sebagai kota pariwisata, diperkenalkan oleh pemerintah, karena Malang memiliki beragam sumber daya alam, suhu udara yang dingin dan sejuk, udara yang relatif bersih, serta memiliki beragam cagar alam budaya, sedangkan citra Malang sebagai kota industri dilatarbelakangi oleh banyaknya kegiatan-kegiatan industri baik jenis usaha kecil menengah, maupun usaha-usaha dalam level besar.


Hadirin yang berbahagia,
Melalui Tri Bina Citra, diharapkan Malang dapat menjadi sebuah kota kecil, tapi gaungnya dapat didengar ke seluruh penjuru tanah air, dan Insya Allah di seluruh dunia. Tri Bina Citra bukanlah slogan belaka, tapi sebuah kondisi yang akan mengantarkan masyarakat kota Malang menjadi masyarakat yang penuh dengan prestasi, karya hebat, ekonomi yang mapan, dan lingkungan yang sehat serta bersih, tak lupa juga Kota Malang harus mampu memberikan kenangan terindah bagi wisatawan domestik dan mancanegara.
Bapak dan Ibu dewan juri serta hadirin yang berbahagia,
Demikian pidato yang dapat saya sampaikan, kesalahan atau pun kekhilafan adalah milik manusia, kesempurnaan hanya milik Allah, oleh sebab itu saya mohon maaf jika ada kesalahan, dan atas perhatian Bapak, Ibu, serta hadirin saya ucapkan terima kasih.
Wassalamu’alaikum wr.wb.


1 komentar:

  1. heeee, aq bingung ape ngubah e. T.T

    ajarin bikin blog po'o. medit ah. awkwakwakwakkawa

    Lr-RAMA

    BalasHapus

Terima Kasih Banyak buat yang udah comment, ngasi saran, kritik ato pesan-pesan