Indonesia Bicara

Indonesia Bicara

Kamis, 21 Juni 2012

Dedikasi Himpunan, Dedikasi Bangsa

Keberhasilan suatu organisasi ditentukan oleh kecakapan seorang pimpinan untuk mengelola organisasi tersebut. Seorang pimpinan yang cakap tentunya didukung oleh komponen-komponen pengurus yaang kuat pula dalam mencapai visi dan misi pimpinan tersebut. Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan merupakan salah satu organisasi mahasiswa di lingkup Keluarga Mahasiswa ITS Surabaya yang baru saja menorehkan dua sejarah baru yakni penetapan Konstitusi Dasar Keluarga Mahasiswa Teknik Lingkungan (KDKM TL) dan pelantikan Ketua HMTL periode 2012/2013. KDKM TL sebagai dasar/aturan baru dalam kehidupan organisasi mahasiswa Teknik Lingkungan FTSP-ITS memiliki beberapa tujuan ideal yang harus diemban oleh Ketua HMTL periode kali ini.
            Tujuan utama yang harus diemban Ketua HMTL 2012/2013 sesuai amanat KDKM TL adalah mewujudkan KM TL yang profesional di bidang manajerial dan kelimiahan bagi almamater, bangsa, dan negara. Sebuah amanat yang cukup berat bagi sebuah organisasi mahasiswa yang tengah menjunjung tinggi idealiasi sebagai sebuah prinsip. Dalam hal ini. dibutuhkan kemauan dan karakter kuat bagi seluruh komponen HMTL untuk bisa merampungkan tugas-tugas tersebut. Apalagi kondisi prestasi HMTL dibidang sosial masyarakat sedang naik daun, tidak bisa dianggap main-main dalam mempertahankan prestasi ini.
            HMTL telah dikenal di dalam lingkup kampus ITS Surabaya melalui program pemberdayaan masyarakat “Kampung Binaan” yang telah digulirkan sejak 2 tahun lalu. Program ini banyak mendapatkan respon dan apresiasi dari masyarakat umum maupaun pihak birokrasi sehingga menjadi sebuah tanggung jawab bagi HMTL FTSP-ITS untuk melakukan optimalisasi terhadap program ini. Program lain yang juga membawa eksistensi Teknik Lingkungan adalah “Earth Week”. Program yang baru dilanching tahun ini tersebut mampu membawa image bahwa aktivis-aktivis TL juga bisa bepartisipasi bersama masyarakat umum dalam bidang keprofesian Teknik Lingkungan.
            Sejatinya kader-kader HMTL telah memiliki karakter tersendiri dalam menunjang program kerja organisasi ini. Semua elemen pengurus pada periode yang lalu telah membuktikan sebuah karya nyata bahwa HMTL FTSP-ITS tidak hanya milik ITS saja namun sudah menjadi bagian dari masyarakat Surabaya. Karya-karya nyata tersebut terwujud berkat adanya sikap kekeluargaan antar elemen, baik dosen dengan mahasiswa, karyawan dengan mahasiswa, atau antar mahasiswa. Sebuah sikap sederhana, buah dari proses kaderisasi yang telah diterapkan dalam lingkup HMTL FTSP-ITS. Asas kekeluargaan yang dijunjung tinggi secara moril oleh KM TL dapat menjadi sebuah letupan awal untuk menggagas kontribusi HMTL ke depannya. Tidak hanya untuk almamater namun juga untuk bangsa dan negara.
Dedikasi himpunan terbentuk berkat adanya karya-karya nyata elemen himpunan melalui sebuah karakter kekeluargaan. Karakter ini melekat dan menjadi sebuah pola kemudian terbentuk sebuah penyatuan visi dalam mindsite masing-masing kader HMTL. Bukan sekedar mimpi dalam KD KM lagi, HMTL ke depannya dapat membawa citra positif ITS bagi masyarakat umum di negeri ini. Sehingga langkah himpunan ke depannya dapat menentukan langkah awal perubahan bangsa. Dedikasi Himpunan, Dedikasi Bangsa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Banyak buat yang udah comment, ngasi saran, kritik ato pesan-pesan